Senin, 06 Februari 2017

Biblio Blog

Mencari fulltext artikel jurnal terindek DOAJ ( Directory Of Open Access Journals )

Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan situs ilmiah yang memuat daftar direktori jurnal akses terbuka (open access) dari seluruh dunia. DOAJ pertama kali diluncurkan tahun 2003 di Universitas Lund Swedia, lalu diambil alih pengelolaannya oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA) sejak bulan Januari 2013. ( Sumber : http://duniajurnal.com/akses-jurnal-terbuka-di-doaj/ )


Website DOAJ


DOAJ bermaksud menjadi titik awal layanan referensi dan materi ilmiah yang bersifat open access (akses terbuka). Visibilitas dan kemudahan akses jurnal ilmiah terbuka diharapkan dapat terangkat sehingga akan meningkatkan pemakaian dan dampak kegunaan jurnal ilmiah itu sendiri secara menyeluruh.

Saat ini tercatat telah ada lebih dari 9000 judul jurnal terbuka yang terdaftar, berasal dari 130 negara dengan lebih dari 2,2 juta artikel ilmiah. Dari keseluruhan karya ilmiah tersebut terdapat lebih dari 41 ribu karya ilmiah yang berasal dari Indonesia. 

Bahasa yang digunakan di direktori ini dari berbagai macam bahasa di seluruh dunia

Cara Akses artikel DOAJ


Untuk mendapatkan artikel secara gratis maka kita bisa akses DOAJ pada websitenya di https://doaj.org/ .

Dalam mencari artikel kita bisa memasukan langsung kata kunci dari artikel yang dikehendaki pada fasilitas pencarian / search simple atau bisa juga menggunakan fasilitas Advanced Search.




Apabila kita ingin mendapatkan informasi secara khusus melalui Jurnal, artikel, subject, lisensi, penerbit, bahasa maka fasilitas Advanced Searchlah yang sebaiknya digunakan. 


Ikon fasilitas Advanced Search


Lalu bagaimana cara kita mendapatkan fulltext ? Semua jurnal yang sudah terinndeks DOAJ ini hampir semuanya menyertakan fulltextnya dalam bentuk html atau pdf dan bisa diakses secara terbuka atau gratis.

Misal kita akan mencari dengan kata kunci " pregnancy"


Hasil penelusuran dengan kata kunci "pregnancy"



Dari hasil penelusuran artikel, maka pilih salah satu yang sesuai, misal artikel dengan judul "Myasthenia gravis and pregnancy: clinical implications and neonatal outcome"


Informasi artikel


Untuk fulltextnya ada yang dalam bentuk html namun ada juga yang dalam bentuk pdf, apabila diperlukan maka bila yang tersedia dalam bentuk html, bisa di copy atau di print langsung, demikian juga dengan fulltext dalam bentuk pdf.


Berikut 2 contoh hasil penelusuran artikel dalam bentuk html dan pdf dengan judul artikel "Exogenous estradiol enhances apoptosis in regressing post-partum rat corpora lutea possibly mediated by prolactin"

Fulltext dalam bentuk html

Fulltext dalam bentuk pdf




Biblio Blog

About Biblio Blog -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :