Rabu, 08 Februari 2017

Biblio Blog

Mencari artikel beserta fulltextnya dan jurnal di PORTAL GARUDA

Portal Garuda atau Indeks Publikasi Indonesia Publikasi Indonesia Index (IPI) adalah website yang yang memuat informasi artikel dan jurnal yang terbit di Indonesia, dirancang untuk browsing, pengindeksan, abstrak, pemantauan dan meningkatkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Saat ini, ada lebih dari 2500 jurnal Indonesia untuk dimasukkan dalam database IPI. Isinya dari berbagai bidang subjek penelitian, dari akedimisi dan peneliti Indonesia. Pembentukan Publikasi Indonesia Index (sebelumnya Portal Garuda Publikasi Indonesia Index) yang diprakarsai oleh Institute of Advanced Engineering dan Ilmu Seksi Indonesia (IAES) Indonesia Bagian


Portal Garuda

Untuk mencari artikel, kita bisa memasukan kata kunci secara langsung pada kolom search document, misal "terapi relaksasi"


Fasilitas pencarian
Dari penelusuran tersebut maka akan didapatkan hasil penelusuran sebanyak 38 artikel, seperti gambar di bawah ini :


Hasil penelusuran

Dari sini sudah terlihat jelas, judul artikel, nama peneliti, judul jurnal, abstrak, sitasi, file fulltext PDF, dan bahkan sumber jurnalnya secara online.

Lalu bagaimana kalau ingin memilih subjeknya terlebih dahulu ? Kalau kita ingin memilih subjeknya dulu sesuai dengan bidang kita, maka pilih daftar Browse Publication by Subject pada bagian bawah, seperti gambar di bawah ini.

Daftar Subjek
Misal kita pilih dan klik Nursing, maka akan didapatkan hasil nama-nama jurnal yang diindek oleh Portal Garuda, seperti gambar di bawah.

Judul judul jurnal

Untuk mengetahui informasi dan artikel jurnal kita buka judul-judul tersebut, misalnya kita pilih dan klik jurnal COPING ( Community of Publishing in Nursing ) terbitan Universitas Udayana.

Jurnal Coping (Community of Publishing in Nursing )






Biblio Blog

About Biblio Blog -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :